Subscribe Twitter FaceBook

Pages

Selasa, 18 Juni 2013

Masalah Kependudukan akan Ditangani Lintas Kementerian


Pemerintah akan segera membentuk tim lintas kementerian untuk menangani permasalahan kependudukan di Indonesia. Tim tersebut akan dikoordinatori oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat.
Demikian dikatakan oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono di kantornya, Senin (28/02). "Kami akan membahas pembentukan tim itu bersama Bappenas," kata Agung. Tim tersebut bertugas untuk membuat sebuah grand design, sekaligus membentuk kelompok kerja untuk implementasinya.


Dia menyebut, permasalahan kependudukan utama adalah jumlah menduduk yang besarnya mencapai 237,6 juta jiwa. Dalam satu dekade terakhir, laju pertumbuhan penduduk mencapai 1,49 persen per tahun. "Angka kelahiran bayi 4,5 juta per tahun," katanya.

Jumlah penduduk yang besar berimplikasi pelayanan kesehatan, pendidikan, pemenuhan kebutuhan pangan, energi dan lainnya. Meski demikian, besarnya penduduk dapat menjadi modal penyediaan sumber daya manusia jika terkelola dengan baik.

Selain memecahkan permasalahan, tim tersebut diharapkan mampu mengelola besarnya jumlah penduduk tersebut. Sayangnya, Agung belum dapat memastikan kapan tim tersebut akan mulai terbentuk. "Yang pasti dalam waktu singkat," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...